16 Sep 2010

Sepuluh Makanan Paling Menyehatkan Untuk Tubuh dan Otak


Makanan merupakan kebutuhan pokok kita selain pakaian dan tempat tinggal (masih ingat kan, 3 kebutuhan dasar yang sering disiingkat SPP - Sandang, Pangan, Papan). Makanan yang sehat adalah makanan yang mencukupi kebutuhan gizi. Agar makanan yang kita santap sehari-hari memenuhi kadar gizi yang dibutuhkan tubuh kita, maka kita seringkali mengkombinasikan beberapa jenis makanan dalam menu kita sehari-hari.

Berikut ini adalah daftar 10 makanan paling menyehatkan karena sangat kaya akan nutrisi:


1. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan sumber tarbaik asam lemak omega 3 -DHA dan EPA- yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mendapat asupan lebih banyak asam lemak memiliki pikiran yang lebih tajam dan mencatat hasil yang memuaskan dalam uji kemampuan otak. 

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber protein yang kaya dan harganya relatif murah. Bagian kuning telur kaya akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai Kacang
Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E (antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf). Bersama thiamin, Vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum Murni
Otak membutuhkan suplai glukosa yang sifatnya konstan dari tubuh kita. Gandum murni mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung Vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat
Oat maerupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar bagi otak yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk memulai aktivitasnya du pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Oat juga menrupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan seng - yang memungkinkan tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, blueberry, blackberry, raspberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antiokasidan dalam kadar tinggi, khususnya Vitamin C, yang berguna untuk mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berry ternyata juga kaya akan asam lemak Omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang merupakan makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang juga kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Kacang juga merupakan makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dam kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Bahkan menurut penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak Omega-3 daripada jenis kacang lainnya - khususnya ALA - jenis asam lemak Omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

8. Sayuran berwarna
Tomat. ubi jalar merah/ungu, labu, wortel. bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan merupakan sumber antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel-sel otak.

9. Susu dan yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan Vitamin B dalam kadar tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yoghurt juga membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak Vitamin D, bahkan 10 kali lipat dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel tubuh secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber zat besi. Dengan hanya mengkonsumsi 1 ons per hari, tubuh kita akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khusus bagi para vegetarian, dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan sumber zat besi nonheme - tipe zat besi yang membutuhkan Vitamin C untuk diserap oleh tubuh. Tomat, jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih untuk dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan zat besi.

Setelah mengetahu kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi tubuh maupun otak, masih ragukah Anda menyantapnya? (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar