22 Sep 2010

Pemimpin dan Kepemimpinan (2)

Dalam postingan kali ini kita masih akan bicara mengenai 'pemimpin' dan 'kepemimpinan'. Yang pertama akan kita bahas adalah ciri-ciri pemimpin dan kepemimpinan.

Ada 24 ciri yang ada pada diri seorang pemimpin, yaitu:
  1. Pengetahuan umum yang luas. Makin tinggi kedudukan seseorang dalam hirarki kepemimpinan organisasi, ia semakin dituntut untuk mampu berpikir dan bertindak secara generalis.
  2. Kemampuan bertumbuh dan berkembang.
  3. Sikap intutitif atau rasa ingin tahu, merupakan sikap yang mencerminkan 2 hal : pertama, tidak merasa puas dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki; kedua,  adanya kemauan dan keinginan untuk mencari dan menemukan hal-hal baru.
  4. Kemampuan analitik. Efektifitas kempimpinan seseorang tidak lagi terletak pada kemampuannya melaksanakan kegiatan yang bersifat teknis operasional, melainkan pada kemampuannya untuk berpikir. Cara dan kemampuan berpikir yang diperlukan adalah yang bersifat integralistik, strategik, dan berorientasi pada problem solving.
  5. Daya ingat yang kuat. Pemimpin harus memiliki kemampuan intelektual yang lebih tinggi daripada orang-orang yang dipimpinnya. Salah satu bentuk kemampuan intelektual adalah daya ingat yang kuat.
  6. Kapasitas integratif. Pemimpin harus menjadi seorang integrator dan memiliki pandangan holistik mengenai organisasi.
  7. Keterampilan berkomunikasi secara efektif. Fungsi komunikasi dalam organisasi antara lain: fungsi motivasi, fungsi ekspresi emosi, fungsi penyampaian informasi, dan fungsi pengawasan.
  8. Keterampilan mendidik, memiliki kemampuan menggunakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bawahan, mengubah sikap dan perilakunya dan meningkatkan dedikasinya kepada organisasi.
  9. Rasionalitas. Semakin tinggi kedudukan manajerial seseorang semakin besar pula tuntutan untuk membuktikan kemampuan berpikirnya. Hasil pemikiran itu akan terasa dampaknya tidak hanya dalam organisasi, tetapi juga dalam hubungan organisasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan di luar organisasi tersebut.
  10. Objektivitas. Pemimpin diharapkan, bahkan dituntut, berperan sebagai bapak dan penasehat bagi para bawahannya. Salah satu kunci keberhasilan seorang pemimpin dalam mengemudikan organisasi terletak pada kemampuannya bertindak secara objektif.
  11. Pragmatis. Dalam kehidupan berorganisasi sikap pragmatis biasanya terwujud dalam bentuk : pertama, kemampuan menentukan tujuan dan sasaran yang berada dalam jangkauan kemampuan untuk mencapainya yang berarti menetapkan tujuan dan sasaran yang realistik tanpa melupakan idealisme. Kedua, menerima kenyataan apabila dalam perjalanan hidup tidak selalu meraih hasil yang diharapkan.
  12. Kemampuan menentukan prioritas, biasanya yang menjadi titik tolak strategik organisasional adalah analisis 'SWOT'.
  13. Kemampuan membedakan hal yang 'urgen' dan yang 'penting'.
  14. Naluri yang Tepat, kemampuannya untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan atau tidak melakukan seseuatu.
  15. Kohesi yang Tinggi, senasib sepenanggungan, ketertarikan satu sama lain.
  16. Relevansi yang tinggi, mampu berpikir dan bertindak sehingga hal-hal yang dikerjakannya mempunyai korelasi yang tinggi dan secara langsung terhadap pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.
  17. Keteladanan, seseorang yang dinilai pantas dijadikan panutan dan teladan da;am sikap, tindak tanduk, dan perilaku.
  18. Pendengar yang Baik
  19. Adaptabilitas, kepemimpinan bersifat situasional, kondisional, temporal, dan spasial.
  20. Fleksibilitas, mampu melakukan perubahan dalam cara berfikir, cara bertindak, sikap dan perilaku agar sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi tertentu yang dihadapi tanpa mengorbankan prinsip-prinsip hidup yang dianut seseorang.
  21. Ketegasan.
  22. Keberanian.
  23. Orientasi masa depan.
  24. Sikap Antisipasif dan Proaktif.
Dari uraian di atas, kita dapat mengevaluasi diri kita sendiri (kalo kebetulan kita adalah pemimpin organisasi), apakah ciri-ciri tersebut di atas sudah ada dalam diri kita?
    Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar