3 Jul 2013

Ringkasan Buku "The Seven Habits of Highly Effective People" (part 1)


Tidak punya waktu untuk membaca buku asli Stephen R. Covey "The Seven Habits of Highly Effective People"? Anda tidak perlu khawatir karena saya menyajikan ringkasannya di blog ini secara bersambung. Ringkasan ini saya sarikan dari Edisi Ringkasan Padat yang ditulis oleh Michael Gray dan diterjemahkan oleh Sumargi Rahardjo.

Dalam buku tersebut, Covey mempromosikan inspirasinya yang disebut 'etika karakter' yang berdasarkan prinsip dan tata cara memimpin. 

Karakter adalah gabungan dari kebiasaan-kebiasaan kita. Kebiasaan sulit diubah, tapi bisa berubah dengan komitmen yang serius. Kebiasaan (habits) yang baik adalah persinggungan antara pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan keinginan (desire).

Kebiasaan adalah aktivitas yang dikerjakan tanpa perlu berpikir dulu dan 7 kebiasaan yang paling efektif menurut Covey adalah :
  1. be proactive, jadilah proaktif yang menjadi kendali seseorang terhadap lingkungan dibanding situasi sekeliling yang mengendalikan kita,
  2. begin with the end in mind, mulai dengan akhir di pikiran,
  3. put first things first,
  4. think win-win,
  5. seek first to understand and then to be understood,
  6. synergize
  7. sharpen the saw
Kebiasaan 1, 2 dan 3 adalah sesuatu yang berhubungan dengan diri pribadi (ke dalam). Kebiasaan ini merupakan wujud kemenangan pribadi yang diperlukan untuk berkembangnya karakter pribadi. Kebiasaan 4, 5, dan 6 adalah wujud kemenangan publik, kebiasaan ini juga berupa kerjasama dan komunikasi yang baik. Sedangkan kebiasaan ke 7 adalah pembaharuan diri dalam bentuk: spiritual, mental, fisik dan sosial/emosional, yang semuanya memerlukan perawatan dan pertumbuhan.


Habit 1
Proaktif, Visi Pribadi

Dalam masyarakat, kita memiliki penjelasan tentang keterbatasan manusia: deterministik genetik, dterministik psikis dan deterministik lingkungan. Pada pengamatan yang lebih dekat kita menemukan bahwa antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan), manusia memiliki kebebasan untuk memilih. Manusia tidak memiliki fungsi "autopilot"

Proaktivitas, sebagai sifat manusia, berati memberi tanggapan terhadap kehidupan milik kita. Kita memiliki daya tanggap untuk membuat sesuatu terjadi. Kesulitan-kesulitan yang kita alami telah menempa karakter kita dan mengembangkan inner power kita.

Ada tiga nilai penting dalam kehidupan: pengalaman (yang terjadi pada diri kita), kreativitas (menjadikan sesuatu ada), dan sikap (tanggapan terhadap persoalan sulit). 

bersambung ke part 2 :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar